7 Kementerian yang WAJIB TOEFL

7 Kementerian yang WAJIB TOEFL

7 Kementerian yang mewajibkan sertifikasi TOEFL.

 

Zaman memang sudah berubah, namun rupanya pekerjaan sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) masih diminati oleh anak muda. Pekerjaan ini menjanjikan keamanan dan kenyamanan. Namun untuk melamar sebagai PNS, banyak ujian yang harus dijalani. Beberapa kementerian bahkan mewajibkan calon pelamarnya untuk memiliki sertifikasi TOEFL. Lalu kementerian apa sajakah itu?

1. Kementerian Koordinator PMK

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, disingkat Kemenko PMK RI, (sebelumnya Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat atau disingkat Kemenko Kesra) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Sekarang jabatan Menteri Koordinator PMK dipegang oleh Muhadjir Effendy. Ada 80 formasi yang tersedia di Kementerian Koordinator PMK. Skor TOEFL minimal untuk melamar di sini adalah 450.

2. Kementerian Pariwisata

Berbeda dengan periode sebelumnya, di susunan cabinet yang sekarang, Kementerian Ekonomi Kreatif digabung ke Kementerian Pariwisata. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Republik Indonesia atau disingkat Kemenparekraf RI adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan kepariwisataan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dipimpin oleh seorang Menteri Pariwisata (Menparekraf) yang sejak tanggal 23 Oktober 2019 dijabat oleh Wishnutama. Ada 86 formasi yang tersedia di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Skor TOEFL minimal untuk melamar di sini adalah 400.

3. Kementerian Perindustrian

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia disingkat Kemenperin RI adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian. Kementerian Perindustrian berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, serta dipimpin oleh Agus Gumiwang Kartasasmita. Ada 400 formasi yang tersedia di Kementerian Perindustrian. Skor TOEFL minimal untuk melamar di sini adalah 500.

4. Kementerian BUMN

Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (disingkat Kementerian BUMN RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN). Kementerian BUMN dipimpin oleh seorang Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) yaitu Erick Thohir. . Ada 88 formasi yang tersedia di Kementerian BUMN. Skor TOEFL minimal untuk melamar di sini adalah 450.

5. Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (Kementerian ESDM RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral. Kementerian ESDM dipimpin oleh seorang Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Menteri ESDM) yang sejak tanggal 23 Oktober 2019 dijabat oleh Arifin Tasrif. Ada 65 formasi yang tersedia di Kementerian ESDM. Skor TOEFL minimal untuk melamar di sini adalah 450.

6. Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (disingkat Kemen PUPR RI) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Dahulu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bernama "Departemen Permukiman dan Pengembangan Wilayah" (1999-2000) dan "Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah" (2000-2004). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kemenpupera dipimpin oleh seorang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  yaitu Basuki Hadimuljono. Ada 1000 formasi yang tersedia di Kementerian PUPR. Skor TOEFL minimal untuk melamar di sini adalah 450.

7. Kementerian Luar Negeri

            Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), dahulu Departemen Luar Negeri, adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan luar negeri. Kementerian Luar Negeri dipimpin oleh seorang yaitu Retno Marsudi. Kementerian Luar Negeri merupakan salah satu dari tiga kementerian (bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pertahanan) yang disebutkan secara eksplisit dalam UUD 1945. Kementerian Luar Negeri tidak dapat diubah atau dibubarkan oleh presiden. Ada 125 formasi yang tersedia di Kementerian Luar Negeri. Skor TOEFL minimal untuk melamar di sini adalah 550.

img-1573716211.jpg

LIA Malang mengetahui kebutuhan akan tes TOEFL sangat tinggi, terutama berdekatan dengan ujian CPNS. Maka dari itu LIA Malang mengadakan TOEFL EPT pada tanggal 16 November 2019. Silakan datang ke kantor LIA Malang untuk informasi pendaftaran atau hubungi kontak yang ada di website ini.


img-1573716259.jpg


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar