Porto

8 Tips ampuh mengerjakan TOEFL secara efektif

img-1573719250.jpg

TOEFL Test adalah sesuatu yang tidak mudah. Dengan biaya yang tidak murah, kita harus mendapatkan skor tinggi. Jika skor kita tidak mencapai target, maka TOEFL test yang sudah kita jalani akan terasa sia-sia. Lalu apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk memastikan bahwa kita mendapatkan hasil yang optimal? Berikut 8 tips yang harus kamu lakukan sebelum menjalani tes TOEFL.

1. Berdoa

Sebelum mengerjakan sesuatu, serahkan semuanya pada Yang Kuasa. Selain itu, berdoa sebelum mengerjakan soal akan membantumu untuk menenangkan pikiran dan memusatkan perhatian pada soal.

2. Perbanyak vocabulary

Pada tes TOEFL, akan muncul beberapa soal yang menggunakan vocabulary yang jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, banyak soal yang menuntut kamu untuk tahu sinonim dari beberapa kata. Ada baiknya jika kamu mulai memperkaya vocabulary kamu dari sekarang. Kamu bisa mulai menambah bacaan kamu, atau menggunakan metode lain untuk menambah vocabulary.

3. Membaca

Perbanyak bacaan yang berbahasa Inggris. Selain akan menambah vocabulary mu, budaya membaca akan meningkatkan kecepatan membacamu sehingga akan membantumu khususnya di bagian reading.

4. Nonton film tanpa subtitle

Bagian Listening merupakan salah satu bagian paling tricky di tes TOEFL. Di dalam bagian listening, audio hanya diperdengarkan satu kali. Kamu dituntut untuk memahami isi audio tersebut. Untuk membuat telingamu makin peka dengan bahasa Inggris, perbanyak paparan Bahasa Inggrismu dengan cara nonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle.

5. Nonton video youtube berbahasa Inggris.

Selain nonton film, kamu juga bisa menonton vlog atau speech atau bahkan stand up comedy berbahasa Inggris. Berbeda dengan film, video-video di youtube biasanya berdurasi lebih singkat sehingga bisa kamu tonton kapanpun di manapun. Bahasa yang mereka pakai pun nantinya akan memperkaya vocabulary dan pengetahuanmu tentang idiom dalam Bahasa Inggris.

6. Membawa pensil lebih dari Satu

Salah satu alasan non teknis adalah waktu kamu terbuang untuk meraut pensil. Maka, lebih baik kamu membawa pensil lebih dari satu yang sudah siap sedia untuk digunakan. Jangan sampai patah pensilmu membuat patah harapanmu.

7. Jaga kesehatan

Salah satu kesalahan orang ketika menjalani tes TOEFL adalah datang dengan kondisi kesehatan yang tidak fit. Akhirnya, fokus berkurang dan pekerjaan menjadi tidak teliti. Pastikan kamu sudah istirahat yang cukup. Makan dan minumlah sebelum tes supaya tidak mendadak kelaparan di tengah-tengah tes.

8. Persiapan

Mengambil tes TOEFL itu tak melulu kudu ambil les preparation dulu kok. Kamu bisa belajar secara otodidak di rumah. Asalkan kamu punya bahan atau buku yang berkulitas. Kamu bisa gunakan buku TOEFL preparation seperti Oxford ataupun Baron. Buku berkualitas biasanya akan menyertakan CD untuk latihan listening, dan menjelaskan secara sistematis seperti memberikan contoh soal pertopik. Selain itu, kamu juga bisa lebih paham tentang pola dan perintah-perintah yang biasanya dicantumkan dalam soal. Dengan begitu kamu tak akan gagap dan membuang-buang waktu membaca instruksi saat ujian tiba. Tapi jika kamu kurang percaya diri, kamu bisa mengikuti kursus persiapan TOEFL di LIA Malang. Untuk info pendaftaran silakan datang ke kantor LIA Malang atau menghubungi kontak yang ada di website ini.

Bagikan Post


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar