Apa itu EPT

Apa itu EPT

EPT™ (English Proficiency Test) adalah tes menyeluruh yang mengukur semua aspek dalam kemahiran berbahasa Inggris khususnya untuk keperluan akademis. Keterampilan berbahasa yang diuji meliputi mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing). Komponen bahasa yang diuji meliputi kosakata (vocabulary), tata bahasa (structure), pengucapan (pronunciation), termasuk intonasi dan penekanan.

Kegunaan EPT:

  •  EPT™ dapat digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam penerimaan mahasiswa, kelulusan mahasiswa, rekruitmen karyawan baru, promosi karyawan, penilaian karyawan, pengembangan SDM, dan keperluan lainnya.
  • Nilai tes EPT™ merupakan salah satu persyaratan untuk mengikuti program sarjana dan pasca sarjana di beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Nilai tes EPT™ dipakai sebagai salah satu persyaratan rekruitmen oleh banyak perusahaan nasional dan multi nasional di Indonesia.

Format EPT adalah tes Tertulis dan Tes Wawancara. Tes tertulis bertujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris dalam menyimak, mengenali struktur tata bahasa dan memahami berbagai wacana. Tes tertulis terdiri dari Listening Comprehension 50 soal (30 menit), Structure and Written Expressionn 40 soal (25 menit), Reading Comprehension 50 soal (55 menit). Tes wawancara bertujuan untuk mengukur kemahiran berbahasa inggris secara lisan baik dari aspek pemahaman (comprehension) maupun penuturan (production). Kriteria penilaian tes wawancara meliputi pronunciation, grammar, vocabulary, fluency dan comprehension. Tersedia sekitar 30 topik wawancara yang dapat dipilih satu oleh peserta tes menjadikan tes ini sahih karena peserta tes tidak akan menemui kendala dalam mengemukakan gagasannya berkaitan dengan topik yang dipilihnya.


Anda bisa mempersiapkan diri anda untuk menghadapi EPT dengan datang dan mendaftar di LIA Malang. Tes EPT LIA telah digunakan selama lebih dari 20 tahun di berbagai wilayah Indonesia, oleh lebih dari 500.000 peserta tes per tahun untuk berbagai keperluan. Tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang secara komprehensif ini umumnya dipakai oleh institusi pemerintahan maupun swasta dalam proses rekrutmen dan promosi jabatan. Berbagai perguruan tinggi juga semakin banyak menggunakan tes EPT LIA, baik dalam proses seleksi penerimaan peserta didik baru maupun sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa tingkat akhir mereka.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar