Tips Belajar Bahasa Inggris Saat Liburan

Tips Belajar Bahasa Inggris Saat Liburan

Libur telah tiba, tapi bukan berarti kita harus berhenti belajar. Jika kalian merasa skill Bahasa Inggris kalian masih rendah, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan di masa liburan ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kalian.

1.       Menonton film

Buat kalian #SobatRebahan yang memilih menghabiskan waktu liburan dengan bersantai-santai sambil streaming, menonton film atau TV series bisa menjadi alternatif yang baik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kalian. Dengan menambah paparan Bahasa Inggris dari Film dan TV series, kalian akan makin memahami ekspresi percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris. Supaya belajar kalian semakin menantang, cobalah untuk mematikan subtitle dan fokus pada kata-kata yang diucapkan.

2.       Mendengarkan podcast

Beberapa dari kalian mungkin akan menghabiskan waktu liburan dengan pulang ke kampung halaman. Entah kalian mengendarai mobil sendiri, atau menggunakan transportasi umum, perjalanan akan menjadi sangat panjang dan melelahkan. Podcast bisa menjadi solusi untuk mengisi perjalanan kalian. Carilah podcast berbahasa Inggris yang sesuai dengan minat kalian. Selain mendapatkan paparan Bahasa Inggris, kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan sehubungan dengan minat dan kesukaan kalian.

3.       Membaca novel

Untuk kalian yang berencana menghabiskan liburan dengan menjauh dari kebisingan dan mencari ketenangan, pastikan kalian membawa satu atau dua buah novel bersama kalian. Sekarang, novel berbahasa Inggris semakin mudah didapatkan dengan harga yang tidak jauh beda dengan versi terjemahannya. Melalui membaca novel berbahasa Inggris, kalian akan semakin mendapat pencerahan mengenai cara menulis dan mengatur kata dalam Bahasa Inggris. Jika perlu, sambil membaca, tandai kata-kata baru yang tidak kalian mengerti sebelumnya. Gunakan handphone kalian hanya untuk mengecek arti dari kata tersebut. Jangan sampai terganggu oleh sosial media. Fokus saja membaca dan rasakan manfaatnya.

4.       Menulis blog

Liburan adalah saatnya meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Salah satu yang patut dicoba adalah bertukar kabar dengan orang yang jauh. Ceritakan pengalamanmu sehari-hari melalui surat atau email atau blog. Gunakan  Bahasa Inggrismu untuk membagikan ceritamu. Selain itu, baca juga cerita-cerita liburan milik orang lain. Selain kalian mendapatkan pengetahuan Bahasa Inggris, kalian juga bisa mendapatkan inspirasi tentang kegiatan yang bisa kalian lakukan juga selama liburan.

5.       Travelling

Cara yang paling seru adalah travelling. Jika kalian mampu, kunjungi tempat-tempat yang penduduknya menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Jika tidak, kalian masih bisa berlatih menggunakan Bahasa Inggris dengan cara mendokumentasikan liburan kalian lewat vlog berbahasa Inggris. Tantang diri kalian untuk berekspresi sambil belajar. Siapa tahu pengalaman kalian yang seru bisa viral dan menghasilkan.

Itu tadi adalah cara-cara seru yang bisa kalian lakukan selama liburan untuk mengasah Bahasa Inggris kalian. Jika kalian ingin mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris secara terstruktur dan menyenangkan, daftarkan diri kalian ke LIA Malang. Langsung datang saja ke Jl. Bandung no 1A untuk mengatur jadwal placement test kalian. Kami tunggu kalian di sini untuk belajar bersama.

Sumber : https://liamalang.com/tips-belajar-bahasa-inggris-saat-liburan-detail-421093