TIPS LOLOS BEASISWA LPDP 2023

TIPS LOLOS BEASISWA LPDP 2023

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dibawah naungan Kementrian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama. Beasiswa LPDP berkomitmen untuk mempersiapkan anak negeri untuk menjadi pemimpin yang professional di masa depan. Beasiwa LPDP memberikan beasiswa fully funded kepada anak bangsa untuk kuliah di dalam negeri maupun luar negeri untuk jenjang S2 sampai S3. Minat masyarakat akan beasiswa LPDP ini sangat tinggi, tentunya akan banyak persaingan antar calon siswa untuk memperebutkan beasiswa LPDP ini. Informasi mengenai pendaftaran LPDP 2023 bisa kamu akses di official website https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/beasiswa/umum/beasiswa-reguler-2023/ .  Sebelum mendaftar kamu perlu mempersiapkan diri untuk mengikuti beasiswa LPDP di tahun 2023 ini. Berikut tips agar kamu bisa lolos beasiswa LPDP 2023.

1.      Cari Tahu Informasi Jenis Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP memiliki 3 jenis antara lain beasiswa afirmasi, targeted, dan umum. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, alur seleksi beasiswa LPDP 2023 secara berurutan terdiri dari seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi. Setiap jenis beasiswa LPDP memiliki karakter dan persyaratan yang berbeda. Cari tahu informasi yang mendalam mengeni jenis beasiswa yang kamu targetkan.

Kamu bisa mencari tahu di official website Beasiswa LPDP https://lpdp.kemenkeu.go.id/ atau dari Youtube melalui beberapa influencer pendidikan yang pernah mendapatkan beasiswa LPDP. Ada banyak Influencer atau Youtuber yang mendapatkan beasiswa LPDP ini. Ikuti mereka dan kamu bisa mempelajari semua informasi dari mereka.

 

2.      Memahami Karakteristik Beasiswa LPDP

Seperti yang diketahui LPDP dikenal sangat ketat dalam menyaring calon penerimanya dengan memperhatikan karakteristik integritas, nasionalisme, dan bagaimana pelamar bisa memberi kontribusi kepada negeri. Sebagai pelamar beasiswa, kamu harus mempelajari dan menyesuaikan dengan nilai-nilai dan prinsip yang diterapkan oleh beasiswa LPDP. Tentunya sebagai pemberi beasiswa, Kemenkeu akan menyaring kandidat yang tepat sasaran. Oleh karenanya siapkan diri kamu untuk memenuhi kriteria tersebut.

 

3.      Memiliki Rencana Studi Yang Jelas

Pihak penyelengagra beasiswa LPDP pastinya ingin memastikan bahwa penerima beasiswa mereka memiliki rencana studi yang jelas dan terarah. Kamu harus buat rencana studi yang rinci, termasuk program studi yang akan kamu ikuti, fokus riset yang ingin lakukan, dan bagaimana hal tersebut akan mendukung tujuan karier di masa depan. Rencana studi yang matang akan menunjukkan komitmen dan motivasi untuk mengambil studi lanjut. Lakukan riset terlebih dahulu dari beberapa siswa yang sudah menerima beasiswa LPDP.

 

4.      Tunjukan Jati Dirimu Yang Inovatif

Supaya bisa mendapatkan beasiswa LPDP kamu harus memenangkan perhatian pemberi beasisswa dengan cara memperlihatkan persepsi positif dan inovatif. Kamu memberi pencitraan yang selaras dengan visi misi yang diemban oleh beasiswa LPDP. Tunjukan semua ide-ide inovatif mu dalam rangkaian essay yang nantinya akan dibaca oleh penyaring beasiswa. Tulis essay yang menunjukan bahwa kamu layak dan pantas untuk mendapatkan beasiswa LPDP. Ada beberapa hal yang harus kamu tunjukkan agar mendapatkan perhatian dari pemberi beasiswa diantaranya tunjukkan prestasi akademik maupun non akademik, keaktifan dan kepemimpinan dalam berorganisasi, kepekaan sosial, serta sudut pandang mu akan sesuatu yang sedang terjadi.

 

5.      Mengikuti Bimbingan Belajar

Sebelum mengikuti bimbingan belajar cari tahu terlebih dahulu dimana titik kelemahan mu dalam persyaratan beasiswa LPDP. Setelah kamu mengetahui kekurangan yang kamu miliki, maka mengikuti bimbingan belajar menjadi solusi yang tepat agar kamu bisa mengubah kekurangan itu menjadi kelebihan yang akan meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa LPDP.

 Jika kamu lemah dalam Test TOEFL kamu bisa ikut Lembaga Bahasa Profesional seperti LB LIA Malang dan mengambil kelas TOEFL Preparation atau program GEA (General English for Adults). Jika kamu lemah dalam penulisan essay kamu bisa ikut bimbingan atau mentoring yang diadakan oleh beberapa komunitas penerima beasiswa LPDP. Selain itu jika kamu lemah dalam psikotest kamu bisa mengikuti lembaga bimbingan belajar yang tersedia dan berlatih secara mandiri.

 

6.      Tentukan Kampus Tujuan Dan Jurusan

Jika kamu menerima beasiswa yang digunakan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, maka pilihlah minimal tiga kampus. Sebelum itu kamu harus mempelajari latar belakang kampus dan jurusan yang kamu pilih. Jangan asal memilih kampus dan jurusan. Cari tahu lebih banyak informasi, bisa melalui Youtube atau sosial media lainnya. Ikuti influencer atau konten creator yang kontennya berisi tentang daily activities mereka selama kuliah di luar negeri. Bagaimanapun, kamu harus membuat rencana cadangan jika ternyata rencanamu yang pertama gagal. Jangan sampai kamu hanya memilih satu kampus saja. Sebab ketika kamu ditolak di kampus tersebut, bisa jadi beasiswa yang kamu terima akan hangus.

 

Banyak hal yang harus kamu persiapkan untuk mengikuti beasiswa LPDP 2023, kamu harus banyak latihan, mempersiapkan berkas-berkas dengan rinci serta mempebaiki kelemahan yang ada dalam dirimu supaya tidak menghambat rencana studimu. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan beasiswa LPDP 2023 kamu bisa mengikuti kelas TOEFL Preparation, General English for Adults (GEA), atau IELTS Preparation untuk meningkat skor TOEFL dan IELTS serta dapat melatih dirimu untuk menguasai Bahasa Inggris dengan mudah. Informasi pendaftaran kelas TOEFL dan IELTS Preparation bisa kamu klik berikut ini https://linktr.ee/lbliamalang .

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar